Apakah dengan Menambah Jumlah Led yang Dihubungkan Secara Seri/deret Akan Menambah Ketahanan Led?

Sirkuit supply/inverter backlight led yang digunakan di tv led sebagian besar menggunakan sistem arus terkunci (fixed current), ini artinya tegangan keluaran akan mengikuti jumlah led yang terpasang secara otomatis.

Misalnya aslinya 7 led seri dijadikan 10 led seri, maka tegangan-tegangan ke led akan otomatis naik mengikuti 10 led, sehingga arusnya tetap karena di sini yang dikunci adalah arusnya.

Jadi, meskipun jumlah led ditambah (deret led diperpanjang), arus yang melewati led akan tetap sama. Sehingga kesimpulannya ketahanan antara 7 led dengan 10 led adalah SAMA alias tidak ngaruh. Karena tiap 1 led akan menerima arus dan tegangan yang sama meskipun dalam jumlah led yang berbeda dalam satu deret.

Guna bertujuan agar led lebih awet, wajarnya led sedikit diredupkan dengan cara menurunkan tegangan yang diberikan ke led. bila tegangan diturunkan, maka arus otomatis akan turun juga.

Cara menurunkan arus/tegangan led yaitu dengan mengubah sensor arusnya, misalnya dengan mengubah nilai resistor ISET atau resistor ISENSE pada katoda led. Atau dengan mengubah nilai resistor pada pin ISET pada ic driver sirkuit inverter lednya.

Kesimpulannya, jumlah led atau pun jenis led itu sangat fleksibel, tidak menuntut harus led yang sama persis dengan aslinya. Selama hasilnya mulus dan merata dengan rona cold white atau pure white, maka clink. Jangan menggunakan led warm white, karena gambar akan dominan hijau. Artikel terkait: Cara Menurunkan Tegangan Supply Backlight LED

oleh Klinik TV Jepara, kembali ke DAFTAR ISI