Sensor Protek pada Y-Main TV Plasma Samsung

Bila semua tegangan bagus termasuk tegangan supply driver di bagian hot/floating juga bagus, tcon normal, igbt normal meskipun igbt harga tigaribuan, semua mosfet juga normal, dioda juga normal, blok z juga normal, panel juga normal. Namun ketika dinyalakan tidak beledos/pletak meskipun sampai suara tv muncul, lampu led pada tcon hanya berkedip jarang/panjang saja tidak seperti nyala ketika normal, suara ada gambar blank. Kemungkinan blok protek pada Y-main bermasalah atau rusak.

Fokuskan pada IC 5 kaki di dalam foto

Yang paling sering ditemukan kerusakan khusus plasma samsung pada ic kaki 5 dalam foto dan komponen pendukung ic tersebut. Fungsi ic tersebut atau sirkuit tersebut sebagai pengaman igbt sus_down agar tidak aktif ketika dioda SF10A sedang menghantar atau ketika igbt sus_up aktif. Sehingga ketika sirkuit ini bermasalah, pada umumnya igbt sus_down tidak akan aktif alias off meskipun ada sinyal sus_down dari tcon, atau bahkan malah unit menyala normal tanpa proteksi.

Melepas atau menonaktifkan sirkuit ini, bisa jadi igbt langsung beledos atau rusak, atau bisa jadi unit malah bisa menyala normal. Karena fungsi utama sirkuit ini guna menghilangkan sinyal_sinyal yang tidak dikehendaki yang bisa mengganggu sistem switching igbt pada y-main. Sinyal yang mengganggu antara lain dari emisi frekuensi internal y dan z sendiri atau dari percikan akibat kendornya baut. Rata-rata plasma samsung yang mengalami kerusakan parah (y dan z rusak namun panel bagus), sirkuit ini juga ikut rusak terutama icnya.

Bila igbt sus_down tidak bekerja, maka mosfet set_up dan set_down tidak bekerja, sehingga memicu protek, sinyal protek ini dibaca oleh tcon, kemudian tcon mematikan sinyal vson, mematikan semua outputnya. Sehingga selanjutnya gambar tidak sempat tampil namun suara ada.

Bila gambar sempat tampil meskipun cuma kedipan saja, artinya sirkuit bagian ini kemungkinan besar masih normal, y normal, z normal, tcon normal dan panel juga normal. problemnya bukan yang dibahas di sini.

oleh Klinik TV Jepara, kembali ke DAFTAR ISI