Power Supply TV LED Polytron, Ketika Standby Tegangan Kurang (termasuk TV CRT)

Kerusakan ketika dipaksa ON bagus, ketika standby atau start awal tegangan output 5V turun kurang dari 4V, sehingga unit susah start atau bahkan cuma standby saja (PLD32D700, PLD32T710, PLD24D800 dan sejenisnya termasuk TV CRT).

Catatan tentang resistor 15k pada foto:

  1. Resistor tersebut digunakan sebagai startup sekaligus yang memberikan bias positif (pull-up) bagi gate mosfet ketika power supply bekerja. Bila nilai resistor terlalu kecil, maka mosfet akan bekerja lebih keras, bila terlalu rendah mosfet tidak mau start atau terlalu panas karena tegangan bias gate kurang. Ketika tanpa mosfet, tegangan di antara G-S sekitar 3V5 hingga 4V2 (tergantung tipe mosfet yang digunakan).
  2. Nilai resistor ditentukan oleh tipe mosfet yang digunakan, umumnya antara 8k2 hingga 27k. Semakin rendah nilai ambang VGS maka nilai resistor semakin tinggi. Semakin tinggi nilai Rdson mosfet maka nilai resistor semakin rendah. Sehingga harus dipilih (misalnya dengan coba-coba) mosfet dengan karakteristik rdson rendah dengan tegangan ambang vgs cukup rendah pula.
  3. Bila dipasang mosfet dengan ambang Vgs tinggi dan rdson tinggi (misalnya 13N60 bodi besar), maka nilai resistor bisa sangat rendah hingga di bawah 8k2.
  4. Nilai resistor yang terlalu tinggi, menyebabkan timbulnya harmonik yang berlebihan sehingga daya keluaran menjadi turun, seperti pada kasus pada judul di atas.

oleh Zaenal Electronic di Klinik TV Jepara, kembali ke DAFTAR ISI