Catatan Modul "Gacun 5 kabel" FSDM0565R

Modul power supply ini menggunakan FSDM0565R dengan beberapa keterbatasan, salah satunya adalah kemampuan dayanya. Bila diurutkan dari daya terendah adalah FSDM0565R, FSDM0565RBI, FSDM07652RB dan FSDM1265RB.

Karena kemampuan IC aslinya yang rendah tersebut, maka tidak dianjurkan untuk supply utama pada TV LED 32in ke atas. Bila hanya sekedar untuk psu supply standby tidak masalah atau sudah sangat mencukupi.

Kekurangan lainnya adalah jalur drain yang kecil dan berdekatan dengan ground, ditambah lagi kabel yang terlalu panjang sehingga menyebabkan sebaran frekuensi tinggi ke sirkuit lainnya.

penggunaan IC FSDM0565R yang hanya sekitar 5A sehingga hanya mampu menyupply daya rendah, dengan kata lain lebih cocok untuk sirkuit psu supply standby saja (tidak untuk psu utama atau single). Bila diinginkan daya yang lebih tinggi, bisa diganti dengan FSDM07652RB atau FSDM1265RB tentunya harga semakin boros. Sebagai referensi, rata-rata TV LED 24in menggunakan mosfet dengan arus drain 7A sebagai contoh TK7N65, belum pernah njumpai yang pakai TK5N65 meskipun made in sayung demak.

jalur drain yang kecil dan berdekatan dengan jalur gnd dan pemakaian kabel pita yang panjang. Gampangnya desain pcb ditargetkan sekedar nyala dan menarik pembeli, mengesampingkan efek2 negatif yang ditimbulkan di kemudian hari (dari desain PCB, jauh lebih bagus yang 3 kabel dan pakai UC3843).

Perbedaan utama antara FSDM**65R dengan STR-W605*S

FSDM**65R tidak dilengkapi current sense (Is) sehingga bisa tidak menggunakan resistor nol koma. Sedangkan STR-W605*S (STR-W6051S, STR-W6052S, STR-W6053S) wajib ada karena bila dinonaktifkan atau tanpa resistor maka STR tidak mau start. Sehingga STR-W jauh lebih aman terhadap overload (protek pada beban lebih, kedip2 ketika protek).

FSDM**65R menggunakan tegangan start up eksternal sehingga FSDM ini bisa digunakan untuk power supply yang tidak dilengkapi dengan lilitan vAux (lilitan sekunder untuk supply driver), yaitu bisa disupply dari luar misalnya digunakan sebagai pengatur on/offnya. Sedangkan STR-W605*S tidak bisa dinonaktifkan karena internal.

STR-W605*S memiliki rentang supply yang jauh lebih lebar hingga 30V. Sebagian besar ic driver memiliki batas vcc sebesar 30V. Sedangkan FSDM**65RB hanya sekitar 20V (oleh sebab itu pada sirkuit pada foto dilengkapi zener).

oleh Zaenal Electronic di Klinik TV Jepara, kembali ke DAFTAR ISI