Menyambung Konektor/terminal/konduktor Z Output Pada Panel Plasma

Konektor Z panel plasma dalam foto di atas kelihatan mulus, dites ternyata putus (resistansi terlalu tinggi). Ada artikel yang menyarankan mengunakan silver kondusif, namun di sini diulas tanpa menggunakan silver kondusif. Pada realisasinya ternyata cara berikut ini jauh lebih kuat daripada menggunakan silver kondusif karena dari segi mekanis dan elektris jauh lebih kuat. Berikut langkah-langkah menyambung konektor Z pada panel plasma (terutama merk Samsung).

Bahan-bahan

Kabel serabut tunggal 300v secukupnya, Plat kuningan/tembaga shield pada trafo smps TV, selanjutnya bahan yg menarik adalah selang karet silikon penghubung air panas pada dispenser.

Bahan karet silikon yang dibutuhkan harus isolator baik, tahan pukul/ulet dan tahan panas. Bila plat pada trafo smps susah dibersihkan, silahkan beli LINER kuningan di toko sparepart mesin mobil, biasanya dipakai sebagai ganjal stang piston mobil/diesel.

Langkah-langkahnya

  1. Buatlah 2 potong selang karet silikon, panjang secukupnya (dalam foto sekitar 2 cm) lalu masing-masing dibelah menjadi 2 bagian seperti pada foto selanjutnya
  2. Bersihkan plat, lalu potong dan bentuk seperti dalam foto di bawah ini. Ukuran dalam foto kira-kira sekitar 8mm x 20mm. Belahan pada plat bermaksut agar plat terhubung dengan jalur pada kaca dengan lebih baik, semakin banyak belahan semakin bagus
  3. Sisipkan ke lapisan konduktor kaca lalu ganjal plat tersebut menggunakan karet yang sebelumnya sudah dibuat.
  4. Bagian atas panel dipasang 2 titik dan di bagian bawah panel dipasang 2 titik (semakin banyak semakin bagus :D)
  5. Solder kabel ke plat yang sudah dipasang di kaca
  6. Beri solatip/pelindung agar kabel lebih kuat dan tidak mudah bergeser/bocor (gunakan solatif mampu isolasi tegangan tinggi)
  7. Solder kabel ke board Z-main
  8. Cek koneksi, lalu tes unit. Nyalakan beberapa menit, kemudian sentuh kaca tempat menyelipkan plat, normalnya hangat seperti bagian kaca yang tidak diselipi plat.

Catatan

Bila kabel fleksibel sudah sangat parah, akan tetapi konduktor pada kaca masih bagus, maka pasang plat disepanjang kaca tanpa terputus, lalu ganjal dengan jarak kira-kira tiap 2 cm antar ganjal, lalu hubungkan pakai beberapa kabel serabut.

Bila kabel high voltage 300V susah ditemukan, maka kabel bekas kabel screen (G2) pada trafo flyback (FBT) bisa digunakan. Usahakan yang berjenis serabut agar mudah ditekuk dan tidak mudah putus.

oleh Zaenal Electronic di Klinik TV Jepara, kembali ke DAFTAR ISI