28 Oktober 2015

Polytron PLM24T33W, Susah Menyala, Bila Bisa Ternyata Menyala Tidak Sempurna (No Sound, No Picture, No Backlight)

merk/model: Polytron PLM24T33W
mainboard: TVE-MT8223.6
panel: Chimei V236BJ1
kerusakan : Susah menyala, bisa dinyalakan dari remot, bila bisa menyala ternyata nyala tidak sempurna, tidak ada gambar, tidak ada suara, tidak ada backlight.
solusi: servis psu.
bonus: Mainboard dan panel rusak.
kronologi perbaikan:
  1. Setelah pengetesan power supply secara terpisah dan dipaksa ON, ternyata tegangan 12V naik perlahan menjadi sekitar 17V dan terus naik.
  2. Menggunakan sirkuit seperti produk polytron lainnya.
  3. Karena tegangan standby menggunakan regulator sendiri, maka tegangan standby stabil, itu sebabnya led indikator masih menyala dan bisa dinyalakan dari remot.
  4. Naiknya tegangan 12V tersebut, mengakibatkan: Panel Rusak (CM501 rusak dan dioda zener di pcb panel rusak), Regulator 1V2 di mainboard rusak (karena 5V naik menjadi 8V lebih ketika ON), Inverter Backlight protek karena kelebihan tegangan (OVP).
  5. Langkah pertama, perbaikan PSU dengan menormalkan tegangan outputnya, dengan cara offboard (psu saja tanpa mainboard dan paksa on/off). Ganti semua elko di output 12V, 5Vstb dan 5V. Ternyata masih out of lock, alias masih tidak terkunci tegangannya, lalu cek bagian primer di basis transistor driver FET, ditemukan kurangnya tegangan yang mensupply driver FET, jadi TR tidak bisa menghentikan laju FET menaikkan tegangan.
  6. Karena bagian primer out of lock, maka simpel saja, dengan memberi beban sekunder output 12V dengan resistor 2K2 1W, alhamdulillah PSU sudah stabil. Dipaksa on/off tegangan normal sesuai yang diharapkan lalu dicoba menyalakan backlight, normal.
  7. PSU coba dipasang ke mainboard (unit TV), coba dinyalakan, ternyata masih susah. Cek tegangan vital MT8223L ditemukan tegangan VCORE turun menjadi sekitar 0V5. Alhasil unit susah menyala, tapi bisa dinyalakan dari remot. Cek sirkuit DC2DC untuk supply Vcore, ditemukan resistor fuse inputnya gosong, lalu diganti dan alhamdulillah mainboard normal dan bisa menyala, backlight menyala tapi tanpa gambar, alias blank.
  8. Naiknya tegangan 12V juga mungkin mengakibatkan rusaknya panel, cek fuse di pcb panel ternyata putus, cek jalur supply panel konslet, ditemukan dioda zener konslet, setelah zener dilepas, ternyata masih konslet, ternyata IC dc2dc supply panel CM501 ikutan rusak. Setelah pelepasan ic CM501, cek resistansi di semua output CM501 (VGH, VGL, AVDD dan DVDD) sepertinya masih wajar tidak ada yang mencurigakan.
  9. Ganti ic CM501, ganti zener dan ganti fuse, bersihkan, lalu pasang lagi semuanya. Trus dicoba dinyalakan, Alhamdulillah logo Polytron tampil, diauto search normal, alhamdulillah TV sudah normal kembali.

catatan:
Error amp power supply Polytron menggunakan 2 sumber tegangan, yaitu: satu untuk supply Optocoupler dan satunya untuk detektor tegangannya. Bila hadirnya tegangan supply optocoupler lebih lambat dari tegangan keluaran dari TL431, maka yang terjadi adalah Out-of-Lock, alias tegangan naik perlahan (seperti kasus di atas). Tegangan supply optocoupler adalah tegangan yang melewati R dan langsung menuju kaki optocoupler, sedang tegangan sampel yang didetek/dikunci adalah yang masuk ke pin 1 TL431 melalui resistor pembagi tegangan.

Kembali ke daftar isi