27 Oktober 2015

Perbaikan inverter LED Polytron

Tidak terbatas pada merk polytron, Inverter LED jenis atau model ini juga sering dipakai di merk lain lebih-lebih merk cina, malah kadang ada yang langsung on board. Langkah-langkah perbaikan inverter tersebut sebagai berikut:
  1. Lepas FET, ukur resistansi output ic driver terhadap gnd, apakah konslet atau tidak, bila konslet, maka IC driver harus diganti.
  2. Nyalakan PSU dengan kondisi FET dilepas, sentuh ic driver, normalnya hanya hangat/suam-suam kuku bahkan bisa dianggap dingin.
  3. Cek tegangan supply ic driver (BIT3251 atau BIT3260/OB3350), normalnya sekitar 6V2, pada polytron ada transistor regulator untuk supply ic driver (transistor kecil disebelah ic driver).
  4. Cek dioda penyearah tegangan LED. Bila bocor/rusak, ganti dengan tipe sama atau yang kompatibel.
  5. Cek elko output. Atau sebaiknya langsung ganti saja dengan yang normal.
  6. Cek lilitan. Lilitan kelihatan bagus tapi sebenarnya gosong/konslet didalam. Bila rusak, gulung ulang saja dengan ukuran kawat yg sama lalu tambahi beberapa lilit (sampai penuh juga tidak masalah). Nilai induktansi tidak kritis-kritis amat, sebaiknya lebih besar dari ukuran standar/aslinya.
  7. Bila inverter sudah bekerja (LED menyala) dan bila FET masih terlalu panas, ubah nilai resistor gate FET dengan nilai 4R7 atau 10R.
  8. Bila langkah-langkah di atas sudah dilakukan, tetapi FET masih terlalu panas kemungkinan besar IC driver rusak.
catatan:
  • FET yang kompatibel dengan inverter LED di atas adalah arus minimal 10A, VDS minimal 60V, fungsi sebagai switching, contoh yg biasa saya pakai adalah P25B06 (SMD DPAK, 25A 60V)
  • Untuk menurunkan tegangan output inverter, bisa dengan menaikkan nilai resistansi pada pin minus LED output beberapa ohm saja

Kembali ke daftar isi