05 September 2012

Sharp Wonder/Universe, Suara Normal Gambar Gelap

Sharp yang menggunakan ic TDA9381 (IX3311CEN, IX3368CEN, IX3410CEN, IX3411CEN, IX3412CEN), sering kali mengalami kerusakan berupa suara normal dan gambar gelap. Kerusakan yang sama mungkin juga bisa dialami merk-merk lain yang menggunakan ic sejenis (TDA9381****), misalnya Panasonic, LG dan Samsung.
Sistem pemrosesan video pada generasi ini sedikit berbeda dengan jenis prosesor video lainnya. Pada sistem sebelumnya, sinyal OSD yang dihasilkan oleh micom disisipkan ke sinyal video RGB. Sedangkan pada TDA9381, sinyal video dikonversi terlebih dahulu menjadi sinyal OSD, kemudian dicampurkan dengan OSD dari micom. Jadi yang sebenarnya ditampilkan di CRT adalah sinyal OSD.
Seperti pada jenis lama, pembentukan sinyal OSD ini membutuhkan pulsa sinkronisasi vertikal dan horisontal (VSYNC dan HSYNC). Bila salah satu sinyal ini terganggu, maka OSD tidak akan bisa ditampilkan. Sedangkan pada jenis baru sinyal OSD sama dengan sinyal Video, jadi secara otomatis video juga tidak bisa ditampilkan, akibatnya gambar gelap, tanpa OSD, tanpa video, bila screen dinaikkan tampil blank putih saja.
Problem gambar gelap yang paling sering dialami oleh TV Sharp yang memakai generasi TDA9381 adalah problem pada sinyal VSYNC. Sinyal VSYNC mengambil dari pulsa yang terdapat pada pin VGUARD (pin8) pada ic vertikal TDA8357. Pin VGUARD pada TDA8357 juga berfungsi sebagai VSYNC output. Bila terjadi masalah pada vertikal, hampir dipastikan gambar/OSD tidak tampil.
Bila sudah dipastikan blok penguat vertikal tidak ada masalah, tetapi problem gambar gelap masih muncul, kemungkinan terbesarnya disebabkan karena tidak sesuainya tegangan pulsa VSYNC dari penguat vertikal. Biasanya dengan menambahkan resistor dengan nilai 30k s/d 100k yang dipasang pada pin 8 IC vertikal (TDA8357) dengan GND sudah bisa menyelesaikan masalah gambar gelap. Karena pin 8 ini terhubung juga dengan pin BCL pada TDA9381, maka bila resistor yang dipasang terlalu kecil nilainya, akan mengganggu tingkat kekontrasan gambar, semakin kecil nilai resistor yang dipasang, gambar akan semakin kehilangan kontras.
Problem gambar gelap juga bisa disebabkan oleh arus katoda dan ABL yang tidak sesuai. Gambar tidak akan ditampilkan bila tegangan IK dan tegangan ABL tidak sesuai pada nilai tertentu yang dibolehkan oleh program. Fasilitas ini dimaksudkan sebagai sistem proteksi CRT. Tegangan IK akan semakin tinggi bila CRT semakin terang, sebaliknya, tegangan ABL akan semakin rendah bila CRT semakin terang. Kedua tegangan ini (IK dan ABL) dikombinasikan pada nilai tertentu oleh program/pabrik, sebagai sistem proteksi CRT. Semoga bermanfaat.

Kembali ke daftar isi