Bagi yang Berminat Terjun di Bidang Servis Elektronik

Hal-hal atau syarat yang dibutuhkan oleh pemula yang tertarik terjun di bidang servis elektronik:

  1. Tentukan niat atau motivasi dan tujuan atau target yang ingin dicapai. Bila motivasi karena terpaksa atau karena ingin cari uang saja atau "tertarik dengan mudahnya teknisi yang bat-bet-sat-set", sebaiknya urungkan saja.
  2. Hobi atau bidang elektronik adalah salah satu bidang yang tidak murah dari berbagai segi (biaya, waktu dan pikiran).
  3. Ketelitian dan kerapian.
  4. Berani mengambil risiko beserta konsekuensinya. Prakteknya yaitu menerapkan sebab-akibat, bahwa akibat itu karena ada sebab.
  5. Jadilah dirimu sendiri namun taat prosedur sehingga tidak sekedar ikut-ikutan.
  6. Gunakan logika atau penalaran dalam mencerna ilmu elektronika baru (alias hindari gumunan).
  7. Tidak merugikan orang lain dan diri sendiri. Bila tidak mendapatkan bayaran, setidak-tidaknya masih mendapatkan ilmunya meskipun sebatas "tahu tipe mosfet yang digunakan saja". Masih bersyukur meski zonk.
  8. Paling penting, tidak ada unsur keterpaksaan. Karena suatu hal yang terpaksa cenderung merugikan orang lain atau diri sendiri. Contoh: Seandainya maling ketangkep kemudian diinterogasi tidak akan menjawab bahwa melakukan maling karena ini hobi dan pekerjaan, namun karena "terpaksa".... tidak semuanya sih...

Untuk masalah mulai dari mana belajar ilmu servis elektronik, maksimalkan peralatan yang dimiliki terutama koneksi internet, googling, baca-baca artikel, tonton utub dan terakhir ada bahan dan sarana untuk praktek.

Bahan untuk praktek sebaiknya milik sendiri. Bila milik orang lain, maka hindari penasaran. Bila penasaran, maka tentukan waktu kapan harus berhenti dengan jelas agar tidak "menggantung" pemilik.

oleh KLINIK TV JEPARA, kembali ke DAFTAR ISI