Inverter led Sharp TPS61197 dimodifikasi dengan OB3350CP

IC driver TPS61197, gejala kerusakan backlight nyala, kadang lama hingga berjam-jam kadang hanya beberapa menit kemudian backlight mati. Kalau pada sharp, biasanya minta flash ulang juga karena dah keseringan kejadian LAMP_ERR.

Menurut pengalaman 90% bukan lampu LEDnya yang bermasalah, namun pada IC drivernya itu sendiri.

Solusi: 1. modip pakai ic driver lain misalnya OB3350CP, atau 2. ganti ic TPS61197-nya.

Kelemahan utama TPS61197 adalah pada rendahnya arus yang dibutuhkan pada pin OVP dan pin UVLO dan tidak dilengkapi zener internal sehingga bila tegangan yang masuk pada pin UVLO atau OVP melebihi nilai maksimumnya, maka IC akan rusak (beberapa malah sampai terbakar atau berlubang).

Pada Sharp, kerusakan ic TPS61197 ini lebih sering disebabkan karena naiknya tegangan UVLO yang disebabkan karena naiknya tegangan keluaran dari power supply akibat dari naiknya beban power supply (seperti merk lainnya, keluaran tegangan supply inverter tidak ikut dikunci sehingga bebas naik turun mengikuti beban).

Setelah penggantian IC TPS61197 sebaiknya menambahkan dioda zener 3V3 di pin UVLO dan pin OVP guna menghindari ic rusak lagi karena penyebab yang sama dengan sebelumnya. Bila punya stok OB3350CP dan males nunggu kiriman TPS61197, ya modif saja dengan OB3350CP, namun jangan lupa menonaktifkan protek backlightnya.

oleh Zaenal Electronic di Klinik TV Jepara, kembali ke DAFTAR ISI