Catatan dalam Memodifikasi Power Supply Menggunakan STR-W6053S

Masalah-masalah yang mungkin timbul setelah dimodifikasi menggunakan STR-W6053S antara lain :

  1. Tegangan keluaran berdenyut jarang-jarang disertai bunyi cetik-cetik di trafo, masalah ini disebabkan karena tegangan VCC (pin4) atau Vaux dari trafo ke STR terlalu rendah atau terlalu tinggi, tegangan Vaux/Vcc ini juga ikut bergoyang. Normalnya antara 16 hingga 24V stabil dan naik ketika ada beban. Bila tegangan VCC terlalu tinggi (lebih dari 30V) solusinya dengan menyisipkan resistor 10 s.d 33 ohm sebelum dioda penyearah Vaux, kemudian pada kaki elko Vaux diberi zener 24V. Bila tegangan Vaux/VCC terlalu rendah (kurang dari 16V) solusinya dengan menambah lilitan sekunder Vaux atau modifikasi dibatalkan karena trafo tidak cocok dengan STR-W6053S.
  2. Seperti kekurangan daya, yaitu keluaran stabil ketika tanpa beban atau beban ringan, namun ketika beban ditambah (misalnya ketika backlight menyala), tegangan keluaran menjadi berdenyut. Pada kasus ini bisa disebabkan karena nilai resistor Source terlalu tinggi sehingga solusinya dengan menurunkan nilai rsource, misalnya dari 0,47ohm menjadi 0,22ohm dsb. Bisa juga disebabkan karena Vaux/Vcc mencapai ambang OVP (lebih dari 30V), solusinya seperti pada nomor 1 di atas.
  3. Keluaran stabil, daya juga cukup, namun trafo mengerik keras, STR terlalu panas, masalah ini karena frekuensi switching yang kurang bersih, yang disebabkan oleh sistem feedback yang buruk dan pengkabelan yang terlalu kecil/panjang. Solusinya merapikan pengkabelan sependek mungkin, memasang/menambah nilai kapasitor di kaki feedback (pin6) minimal 10n ke gnd dan menambah ferit beat di jalur drain yang menuju ke trafo.
  4. Beban ringan, keluaran stabil, namun STR sangat panas, trafo tidak mengerik, masalah ini kemungkinan besar sirkuit snubber tidak cocok atau bahkan trafo tidak cocok dengan STR-W6053S. Solusinya dengan mengatur nilai snubber, bila tidak berhasil, sebaiknya dibatalkan modifikasinya.

Alternatif pengganti STR-W6053S (W6000 series)

Penggantinya adalah STR-W6253 (W6200 series, perbedaanya pada pin7 (pin paling kanan). STR-W6053S bisa digronkan, sedangkan pada STR-W6253 harus dipasang kapasitor 100 s.d 330n ke gnd (seperti pada foto). Sedangkan parameter dan pin lainnya bisa dikatakan sama, termasuk kemampuan arus dan tegangan kerjanya.

oleh Zaenal Electronic di Klinik TV Jepara, kembali ke DAFTAR ISI