Power Supply Polytron OB2263 Berderik (PLD24D810, PLD24T810 dan sejenisnya)

Pada foto power supply di atas, terdapat 3 penyebab power supply berderik, antara lain :

  1. Paling sering ditemui karena kerusakan pada salah satu kapasitor C521 (4n7), C516 (100n) dan C507 (10n). Bagian ini adalah bagian error amp (pengunci tegangan). Bila bagian ini bermasalah, umumnya power supply berderik halus (kemresek), suara derik tidak terlalu keras. Tegangan keluaran tetap terganggu dengan frekuensi tinggi dari power supply sehingga memungkinkan mosfet final lebih panas. Kapasitor-kapasitor di bagian ini adalah sirkuit low pass filter yang akan mengurangi frekuensi liar yang timbul di power supply.
  2. Penyebab berderik yang agak jarang adalah rusaknya trafo dan sirkuit snubber. Ditandai dengan kekurangan daya dan derik yang keras dan stabil (bukan kemresek).
  3. Penyebab berderik yang paling jarang lagi adalah rusaknya transistor PNP yang berfungsi sebagai gate driver mosfet, selain menderik, mosfet juga panas tidak wajar meskipun tanpa beban (hanya psu saja). Gejala hampir mirip dengan nomor 1 di atas, namun mosfet jauh lebih panas bahkan mosfet dengan kemampuan arus besar pun tetap panas tidak normal.

oleh Zaenal Electronic di Klinik TV Jepara, kembali ke DAFTAR ISI