Sony KDL-**W650D (KDL-48W650D), Kerusakan Kode Protek Led Indikator Kedip 6x (Backlight Problem)

Bila menemui kasus seperti ini langkah pertama hindari langsung membongkar backlight, karena kemungkinan besar problemnya berada di sirkuit inverter/supply led backlight. Kadang kala semua led masih normal atau masih layak sehingga sebaiknya cek dulu sirkuit supply backlight.

Unit menggunakan IC BD9423EFV yang kontrol kerjanya dikontrol melalui I2C sehingga bisa dianggap terlalu susah dalam pelumpuhan proteknya karena status protek dikirim/dibaca melalui bus I2C.

Protek pada supply inverter disebabkan oleh dua faktor:

  1. led yang sudah tidak layak, konslet atau putus sehingga arus tidak berimbang atau tidak ada arus (putus atau arus terlalu rendah).
  2. boost converter yang bermasalah.

Karena di awal disebutkan untuk menghindari bongkar backlight dulu, maka sebaiknya supply backlight diservis/modif terlebih dahulu yaitu:

  1. Ganti induktor/lilitan boost converternya dari yang aslinya 22uH (220) dengan 100uH (seperti pada foto). Bila tidak menemukan induktor sebesar itu, bisa dengan menseri beberapa induktor, misalnya 47uH dengan 47uH dsb. Tujuannya agar boost converter lebih ringan dalam menghasilkan tegangan supply sehingga ripple current yang dihasilkan lebih rendah.
  2. Ganti atau tambahkan elko di masukan dan keluaran boost converter (lihat foto).
  3. Turunkan tegangan supply led misalnya dengan menaikkan resistor source.

oleh Zaenal Electronic di Klinik TV Jepara, kembali ke DAFTAR ISI