Gambar Gelap, Suara Ada

TV LED milik Anda mengalami kerusakan gambar gelap tetapi suara lancar dan dipindah-pindah channel juga lancar, dihidup-matikan dengan remot juga lancar. Bukan berarti layar TV Anda mengalami kerusakan. Bisa jadi sistem backlight yang tidak nyala atau memang layar yang rusak.

Banyak pemilik TV LED yang tertipu ulah tuser yang selalu mengatakan layar rusak, padahal kerusakan layar gelap suara ada itu tidak selalu layar/panelnya yang rusak. Kerusakan layar identik dengan biaya servis yang tinggi, bahkan hampir sama dengan harga TV baru bila dilakukan penggantian panel/layar. Sedangkan kerusakan non panel sangat jauh lebih murah, misalnya kerusakan sistem backlight (lampu latar) yang biaya perbaikannya jauh lebih murah daripada servis panel/layar.

Guna mengetahui dan memastikan apakah layar Anda yang rusak ataukah sistem backlight (lampu latar yang rusak), Anda bisa melakukan tes sederhana sebagai berikut:

1. Nyalakan TV, putar pada channel sembarang yang suaranya jernih.

2. coba sorot bagian depan layar pakai senter, lalu lihat layar dari samping. Bila kelihatan gambar samar-samar penuh satu layar dan tidak ada cacat, maka layar Anda bisa dikatakan masih bagus. Kerusakan berada pada sistem backlight (lampu latar)

3. Selain cara nomor 2 di atas, coba ketuk-ketuk bagian depan layar dengan jari (pelan-pelan saja). Bila tidak terlihat kelipan cahaya dari bagian belakang layar, maka kemungkinan besar layar/panel TV Anda masih bagus. Sistem backlight (lampu latar) TV Anda yang mengalami kerusakan.

4. Bila pada nomor 3 di atas terlihat kelipan cahaya dari belakang kaca layar/panel, maka layar/panel Anda yang bermasalah. Untuk kerusakan panel/layar, kadang ada yang bisa diperbaiki, kadang juga ada yang sudah total tidak bisa diperbaiki lagi.

oleh Zaenal Electronic di Klinik TV Jepara, kembali ke DAFTAR ISI