06 Agustus 2009

TV WARNA JADI B/W
"CopyPaste dari blognya Aisy"

ARTIKEL DENGAN JUDUL INI BARU EDIT ULANG, TERIMA KASIH (penulis)

Beberapa tahun lalu aku dapet trobel tv warna tapi b/w, kliatannya SHARP CINEMABORG, pake TDA8361 + TDA466x, dan alhamdulillah manjur juga ntuk TV nyang lain.
daripada aku ngasih instannya, tak kasih cara kerjanya aja (bongkar2 arsip dech....) biar nanti kalo dapet tv yg trobelnya mirip biar mak nyoss gitu....
Gini critanya: dalam satu prosesor gambar/signal video warna (TDA836x, TDA884x, M52777, M52309, M52340, dll) musti terdapat dua osilator:
1. osilator Jungle yang terdiri dari osc Horisontal (standar freq 15,625Hz) dan osc vertikal (std freqnya 50/60Hz).
2. osc Color Decoder (std freq 4,43319MHz, 3,579MHz).

DUA OSC TERSEBUT MURNI TERPISAH

Osc Color Decoder bekerja dengan frek tetap (tidak berubah), sedangkan osc hor dan vert bekerja secara FreeRunning(frekuensinya berubah tergantung dari jenis sinyal video yang masuk--> ini kerjaannya rangkaian pemisah syncronisasi). Output hor dikuatkan oleh FB. untuk menjaga frek hor tetap sinkron terhadap video, digunakan pin AFC (pin FB) untuk menyensor pulsa/freq horisontal (harusnya dah tahu kalo jalur AFC terputus ato rusak), output vert dikuatkan oleh V-amp, kemudian output V-amp diumpanbalikkan lagi ke Jungle (dalam bentuk VRAMP) untuk menjaga freq vert sekalian dengan mengunci v-Sizenya (misalnya sasis HBAX -cap digitec ato polytron pake 8361- trobel VRAMP-->R-330K rusak-->mingkup).

COLOR DECODER
Ketika sinyal video diproses, s video tersebut dideteksi apakah membawa carier color dengan frekuensi (4,433MHz-PAL), jika ada, prosesor gambar dengan bantuan DL (delay line) akan mengurai warna-warna yang terdapat dalam sinyal tersebut. Pada umumnya ic croma mengurai warna Green, sedangkan DL mengurai warna Red dan Blue.
Proses penguraian warna, sangat dipengaruhi oleh FREQ HORISONTAL--AFC. maksudnya, ketika mendeteksi video, prosesor video mensinkronkan 2 sinyal sekaligus yaitu freq hor dan freq carier warna, setelah dua freq/pulsa tersebut tersinkronisasi, ic chroma (pros video) baru bisa mengurai kandungan RGBnya-->wernone lek. Oleh sebab itu, ic chroma bisa membedakan jenis masukan video apakah PAL-443, NTSC-443 ato format yang lain.
Jadi persyaratan munculnya warna (dengan catatan barange beres kabeh):
1. adanya sinyal syncronisasi AFC (freq horisontal FB).
2. adanya carier pada sinyal video yang masuk (Y+CHROMA).
3. 1 dan 2 tersinkronisasi/terkunci berdasarkan sinyal video.

DELAY LINE
dulunya pake kristal delay line (lihat goldstar yang pake TA8690) untuk yang lain misalnya TDA836x, M52777, M52309, M5234 pake'nya TDA466x sebagai delay linenya.

TDA466x tegangan 5V, ada pin yang kalo diurut menuju ke AFC.

berdasarkan pengalaman saya (tak rangking) jenis kerusakannnya pada :
1. AFC FB terganggu, mungkin dikarenakan, tegangan B+ tidak bersih (ada ripple), FB rusak/konslet, R AFC molor, dll.
2. Tegangan 5V yang mensuplai TDA466x trobel/ngedrop atau tidak ada.
3. sinyal video yang masuk kurang kuat, mungkin dikarenakan jalur penguat video trobel, CF (filter video--5,5Mc cap KakiTiga) short.
4. kristal color decoder (4.433 atau 3579) trobel/kakinya teyengen.

gitu aja semoga bermanfaat.

----------------------------------------
-- kalo saya bisa, saya coba jawab. kalo tidak bisa jawab, tak ikutan nyari...
-- kalo kurang atau ada yang salah mohon dikoreksi.

48 komentar:

Aisy mengatakan...

Maak Nyoss tenan Kang!

Carrissa mengatakan...

Sip tenan Pakdhe...

zaenal mengatakan...

salam kenal mas/mbakyu carissa, thx atas kunjungannya.

Anonim mengatakan...

Tolng bantuannya mas ..nilai R518 pd tvpolytronMX5103M Rnya hangus tv hanya bisa standby apa itu penyebbnya mohon pencerahannya.

Zaenal mengatakan...

R dari mana dan kemana? Ak gk pnya skemanya. Makasih da comment

Anonim mengatakan...

R dari basis TR.C2328A menuju colektornya dan colektor TR.A1023 Wah! aku ngga tau kalau mslh blok2nya tp adanya di luar regulator dekat fuse maaf ni mas aku baru pemula minta solusinya mas.

Zaenal mengatakan...

Kalo emang r yang fungsinya ngasih tegangan basis tr reg 5v standby, aslinya pake 330 ohm. Sblm diganti, cek zener 5v1, tr, ma elko di emitr lbh dahulu. Moga bantu

Anonim mengatakan...

Saya udah ganti Rnya dgn nilai 3,3k habis ngga ada yg 330 ohm saya juga ganti C507nya dg 100uf/100V saya nyalakan tvnya hidup mas! moga panjang umuur. Mas...kalau tv di layar bgian bawah gambarnya ngga full dan ada suara desis di crt dr play back kerusakannya apa mas...terimah kasih mas bantuannya.semoga sukses slalu Amiiin.

Carrissa mengatakan...

Numpang nanya mas zaenal...dmana saya bs dpetin fbt universal untk monitor.?soalnya tiap hari,fbt dan fbt lg aja pada monitor yg bermasalah.makasih sblumnya.

zaenal_forum mengatakan...

Kalo Carissa domisili di JawaTengah, di Demak tepatnya Tengguli, Demak. banyak dijual FB monitor bekas dan masih sgt layak pakai. hampir semua bengkel mpy keluhan yang sama. Suku cadang monitor sulit dicari, yes yes yes

Anang mengatakan...

Siiippp.. Kang...

Anonim mengatakan...

mas ane wong bandung yg baru nyasar di blog ini, ngasih koment ah ....hebaaat euy ngasih elmunya..salam buat yg pd ngerumpi di blog ini...
wassalam..

Anonim mengatakan...

nderek sinau yo pakde :">

Anang mengatakan...

Makin joss cak.. Blognya dadi krasan aku disini..

ari mengatakan...

salam kenal.mas sebelumnya minta maaf.saya punya kerjaan tv dirumah .tv aiwa pertamanya hanya garis vertikal.pas saya ganti elko b+ 160v/100uf.dan elko 16vv/22ouf.dan r 4k.jadi matot.saya cek b+nya normal.tetapi 25v di flaybak.tidak ada.mohon kontribusinya mas.terima kasih

Rony Ericsson mengatakan...

ikut bljr ah, sbnrnya aku udah lama baca2 disini, byk ilmu yg q dpt, byk problem tv yg dpt di goal kan. doa dari kami yg hy bs baca, moga sukses ilmu yg tertular akn trs brtambah dan berkah dunia akherat. bisa menancap di hati hhh. trimakasih bang zaenal dkk salam dr wong lampung

sarultoluok mengatakan...

dg berbagi semua jadi lebih mudah,,,cuma aku bingung yg musti kubagi apa ya?

Anonim mengatakan...

bwat mas anonim:tv yg tampilan bawah nggak full,coba ganti elco di blok vertikal yg nilainya 50v/1u,itu ganti aja yg baru,kalo masih belum bisa full coba naikkan nilainya jadi 50v/4,7u,dan bunyi desis pada crt kemunkinan fb'nya dah bocor ato coba bersihkan cop pada fbt'nya dan pastikan terpasang rapat,semoga bermanfaat...n' salam kenal dariku (Mas Pathub)

shanto lukas mengatakan...

salam knl mas dr cah tegal,udah lama aq baca2 d sini t'nyata d sini gudang ilmu jg.

arsil mengatakan...

pgi mas,mas aku mau tnya.aku dapat problem tv goldstar.klo di buka menu, ada warnanya,tpi klo pke antena kyak tv hitam putih.gmana tu mas.mhon bantuanya m mas.

arumsari mengatakan...

mas aku tengguli lho mas ,sebelah mana yg jual fb monitor bekas .dan mas zaenal rmhnya mana?

ZaenalElectronic mengatakan...

arumsari, coba aja tanya di tempat barang loak elektronik. itu lho yang mau di lebur ulang. tapi kabar sekarang dah agak sulit katanya, harus order dan wanti-wanti dulu ma orangnya

masmuladi mengatakan...

salam kenal mas....
artikelnya bagus dan bisa nambah ilmu....mohon bantuanny ya mas..tv samsung gelombang klo di pindah kadang kok geser tapi bila dikembalikan kadang bisa pas...apany ya bang? Tambah satu bang..(nanya melulu...hehehe)...tv digiteg warnanya untuk NTSC ada tapi untuk PAL ndak ada ...X TAL dan TA8690AN dah di ganti tapi belum bisa juga ,apanya ya mas? Trims atas jawabannya...moga tambah sukses slalu.

AZHAR MONTAREZI mengatakan...

ASS.P DE ZAENAL
saya sebagai pemula merasa sangat berterimakasih dengan artikel"yang selama ini sangat membantu dlm perbaikan TV,oh ya gmn caranya saya bisa berkonsultasi dngan panjenengan di saat saya mengalami kesulitan?trimakasih semoga ilmu yg di amalkan mendapatkan balasan yg lbih.

ZaenalElectronic mengatakan...

masmuladi = coba cek AFTnya.
azhar = silahkan register/mendaftar di www.zaenalelectronic.discuss2u.com untuk curhat problem servis Anda, pahami aturannya, semoga krasan dan selamat bergabung.

roni mengatakan...

Mas,baru belajar bongkar2tv punya masalah tolong d bantu ya!tv akari 21''flat teg B+ drop hanya 28volt meski tdk di kasih beban,begitu pula teg rendah nya juga drop semua.

Anonim mengatakan...

mas mudah2an ilmu yg disebarluaskan menambah pengetahuan buat khalayak ramai..... salut...salut...salut...

garimin mengatakan...

trimakasih atas postinganya

mochamad mengatakan...

pemula mas kalo tv naik turun kebawah seperti tv lama klo diputer dr blkg itu apanya ya.tv nya nagoya 17 inc

ririn mengatakan...

wah ternyata disini mbah dukunnya tv,trima kasih kg zae mau berbagi ilmu sukses buat anda n smua rekan-rekan.dr JITU ELECTRONIC tawangmangu numpang nebeng hehe

RAMUNA ELEKTRONIC mengatakan...

malam Mas,..saya pux kasus sharp Alexander pro 29PXF200,pake Ic TDA12063......,gambarx buram/kurang terang...saya dah ganti FBT,IC RGB(TDA6107JF),elco tegangan besar,soket CRT,solderan dah di babat habis..(CRT normal,dah dites pake mesin lain), ABL ada di pin berapa ya FBT pake FA100WJ.....kira2 apax lagi yang perlu diutak atik Mas...trus kalo mau masuk servis data carax gimana ya? makasih atas pencerahannya Mas.

Ado mengatakan...

MAS....... Merk TV saya Advante, sekarang mati total, untuk perbaikannya dari mana saya mulai pengecekannya...

Ado mengatakan...

Untuk pengecekan komponennya apa komponennya harus di copot satu persatu.....

TONO ARIS mengatakan...

ass,mksh kang zaenal ud berbagi2 ilmux,sukses selalu buat kang zaenal,moga bnyak rizki amin,salam kenal,,dr scorpioelektronik,peklgn

andi_XX mengatakan...

askum mas zaenal, makin keren aja ni blognya....
jd + ilmu ni aq... tnx y.... salam dari cah gabus

salukino mengatakan...

kalau bisa mas...
tolong fotonya dimasukin juga y...
thank's before

Heryprastyo mengatakan...

mas tv polytron jadul croma tda 4650 warna hilang tlng pencerahanhnya

Secerca Harapan mengatakan...

mas minta bantuannya dong mas... ni Tv LG gambar cm putih adja klo di tekan tmbol menunya displynya di layar tulisannya kabur/ suram

ropail mengatakan...

Bang Zaenal perkenalkan pendatang baru nih dari palembang Saya mau mintak tolong, lagi ada garapan digitec dengan Ic stv2286 dan HBM-00-01 masalahnya adalah tidak ada gambar dan suara hanya berdesah bila screen dibesarkan raster tampil hijau bergaris putih kedua Ic tersebut sudah diganti tapi masalah tetap tidak berubah

JOY53 mengatakan...

Slm knal..ms sy mo nanya ttg fbt..pin untk tgangan ke video yg 200v itu, bla diukur dgn graund apkh jarum multi tester akn brgerak ga? sedangkn klu d ukur dgn 120V jarum tester tdk brgerak..

menc0ba sesuatu hal yaNg berBeda mengatakan...

Aq ikut Join Di blog'nya ya mas zaenal..:)

arief mengatakan...

salam kenal kembali dari saya, pengikut forum solderkita.com, blognya mas zaenal sangat membantu saya disaat sedang kepepet solusi, ternyata disini saya bisa temukan jawabannya. trims n jaya slalu,

saiful bwean mengatakan...

tlong solusinx mas,,aku punya tv 29 lg pearl blakc,,gambarx jd kotak kayak tv 12 inc,,gmna mas bro solusinx????tlng mas

imam fadholi mengatakan...

aku ta ikutan kasi jempol mas atas artikelnya lam kenal

kempot wlingi mengatakan...

melu nyimak,sekalian nanya mas bro.tv lg29fu1rl-t1 suara+osd normal,gambar ga nek' apanya ya mas bro.ablnya tinggi banget sampai 17 volt.udah gonta ganti r nya tetep ae ga gelem waras.apa ic tda 12011 nya ya.soale panas full.kaki zigzag.

ham& mengatakan...

mas kalo tv cina gmbar tipis kurang kontras,kontras di naik/trunkan ga da perubahan, kira2 apanya y mas,mohon pertolonganya....

Alfrido Rakamuhammad mengatakan...

Pinter Tenan iki, sekolah engguk endi kang Zaenal iki... Mantab. Salut

widodo mukti mengatakan...

Nderek gabung mas saking pekalongan bgni mas saya punya masalah dengan tv china kok gak bisa siaran padahal dah saya ubek kok gak ketemu L 102 juga dah coba ganti tapi hasilnya nihil yg anaehnya bagian tuner 33 volt kadang tapi sebntar turun tdk stabil mohon pencerahanya makasih

Poskan Komentar