06 Agustus 2009

TV WARNA JADI B/W
"CopyPaste dari blognya Aisy"

ARTIKEL DENGAN JUDUL INI BARU EDIT ULANG, TERIMA KASIH (penulis)

Beberapa tahun lalu aku dapet trobel tv warna tapi b/w, kliatannya SHARP CINEMABORG, pake TDA8361 + TDA466x, dan alhamdulillah manjur juga ntuk TV nyang lain.
daripada aku ngasih instannya, tak kasih cara kerjanya aja (bongkar2 arsip dech....) biar nanti kalo dapet tv yg trobelnya mirip biar mak nyoss gitu....
Gini critanya: dalam satu prosesor gambar/signal video warna (TDA836x, TDA884x, M52777, M52309, M52340, dll) musti terdapat dua osilator:
1. osilator Jungle yang terdiri dari osc Horisontal (standar freq 15,625Hz) dan osc vertikal (std freqnya 50/60Hz).
2. osc Color Decoder (std freq 4,43319MHz, 3,579MHz).

DUA OSC TERSEBUT MURNI TERPISAH

Osc Color Decoder bekerja dengan frek tetap (tidak berubah), sedangkan osc hor dan vert bekerja secara FreeRunning(frekuensinya berubah tergantung dari jenis sinyal video yang masuk--> ini kerjaannya rangkaian pemisah syncronisasi). Output hor dikuatkan oleh FB. untuk menjaga frek hor tetap sinkron terhadap video, digunakan pin AFC (pin FB) untuk menyensor pulsa/freq horisontal (harusnya dah tahu kalo jalur AFC terputus ato rusak), output vert dikuatkan oleh V-amp, kemudian output V-amp diumpanbalikkan lagi ke Jungle (dalam bentuk VRAMP) untuk menjaga freq vert sekalian dengan mengunci v-Sizenya (misalnya sasis HBAX -cap digitec ato polytron pake 8361- trobel VRAMP-->R-330K rusak-->mingkup).

COLOR DECODER
Ketika sinyal video diproses, s video tersebut dideteksi apakah membawa carier color dengan frekuensi (4,433MHz-PAL), jika ada, prosesor gambar dengan bantuan DL (delay line) akan mengurai warna-warna yang terdapat dalam sinyal tersebut. Pada umumnya ic croma mengurai warna Green, sedangkan DL mengurai warna Red dan Blue.
Proses penguraian warna, sangat dipengaruhi oleh FREQ HORISONTAL--AFC. maksudnya, ketika mendeteksi video, prosesor video mensinkronkan 2 sinyal sekaligus yaitu freq hor dan freq carier warna, setelah dua freq/pulsa tersebut tersinkronisasi, ic chroma (pros video) baru bisa mengurai kandungan RGBnya-->wernone lek. Oleh sebab itu, ic chroma bisa membedakan jenis masukan video apakah PAL-443, NTSC-443 ato format yang lain.
Jadi persyaratan munculnya warna (dengan catatan barange beres kabeh):
1. adanya sinyal syncronisasi AFC (freq horisontal FB).
2. adanya carier pada sinyal video yang masuk (Y+CHROMA).
3. 1 dan 2 tersinkronisasi/terkunci berdasarkan sinyal video.

DELAY LINE
dulunya pake kristal delay line (lihat goldstar yang pake TA8690) untuk yang lain misalnya TDA836x, M52777, M52309, M5234 pake'nya TDA466x sebagai delay linenya.

TDA466x tegangan 5V, ada pin yang kalo diurut menuju ke AFC.

berdasarkan pengalaman saya (tak rangking) jenis kerusakannnya pada :
1. AFC FB terganggu, mungkin dikarenakan, tegangan B+ tidak bersih (ada ripple), FB rusak/konslet, R AFC molor, dll.
2. Tegangan 5V yang mensuplai TDA466x trobel/ngedrop atau tidak ada.
3. sinyal video yang masuk kurang kuat, mungkin dikarenakan jalur penguat video trobel, CF (filter video--5,5Mc cap KakiTiga) short.
4. kristal color decoder (4.433 atau 3579) trobel/kakinya teyengen.

gitu aja semoga bermanfaat.

----------------------------------------
-- kalo saya bisa, saya coba jawab. kalo tidak bisa jawab, tak ikutan nyari...
-- kalo kurang atau ada yang salah mohon dikoreksi.