Dalam 1 minggu ini, saya mendapatkan servisan beberapa C/TV. 4 diantaranya power supplynya sudah diganti sama power supply rakitan. Jengkel juga, sudah masangnya gak permanen (kabel kepanjangan, gak dibaut dll). Setelah dibolak-balik, eh-eh tahu-tahu ada kabel yang copot, tambah deh PR-nya.
Dari 4 tv yang diganti power supplynya, alhamdulillah 3 diantaranya sudah saya kembalikan ke aslinya. Trafo penggantinya saya dapatkan waktu jalan2 ke rumah temen bengkel, jika ada trafo switching yang gk terpakai tak minta saja, karena setahu saya trafo jarang rusak.
Dan TV yang satunya, ketika saya buka, eeee lhadalah, ada yang ngorupsi trafonya. tak tanyakan ma yang punya katanya sudah raib entah kemana. Kebetulannya lagi, stok untuk seri/type yang sesuai gak punya. Setelah memperhatikan skema dan PCB, pakenya STR-D6654, dengan data yang cukup minimal, saya memutuskan ntuk gulung sendiri trafonya, cari bekas trafo yang sesuai posisi kakinya, digulung, dicor, kering trus, dirasa beres semua, trus dicoba dan berbunyi cit, alhamdulillah lancarrr.......

Memang sih, yang empunya gak tahu kalo dalam tvnya ada rangkaian "robot terminator" tambahan, yang penting menyala normal dan bisa nonton. Tapi kalau dipikir2 kasihan juga ya.
Padahal jika mau bekerja sedikit lebih keras, saya rasa masih bisa diperbaiki. Tentunya dengan totalan sedikit lebih "keras" juga.

Pernah juga saya memasang rangkaian "robot terminator" tersebut beberapa kali;
-- seingatku tv politron yang makai TDA8380, rencananya sih di servis aja, tapi yang punya kayak kebelet mau be'ol itu lho... rajin sekali datang, padahal saat itu baru musim hujan baru banyak-banyaknya servisan.
-- tv samsung yang make STR40000 (kebetulan harganya sekitar 40ribuan--waktu itu), str-nya bolong depannya, HIS tinggal separuh, trafo konslet (abis kena tegangan tinggi). Diitung-itung kok jadi banyak totalannya, setelah dirembug ma yang punya, diganti "robot gedheg" aja mas, bilangnya gitu. Ok ok (
dengan perasaan sueneng), karena kalo disuruh servis bayarannya musti dikit + banyak keributan. he he he
-- ketika musim sepakbola, sesaat setelah listrik mati, ada tetangga datang kerumah, ketemu dg saya langsung aja nyerocos: "Tulung serviske tvku, ngko jam pitu Persijap maen karo Persija, tvku mati.", trus aku tanya: "Matine piye?". Jawabnya: "Bareng listrik urip, tvku langsung mak duzz, kebuul-kebuuuul..... tak tunggoni yo?". Setelah saya ngeyel ngalor-ngidul, pada akhirnya ya jurus
"robot gedheg", abis mau gmn lagi?

----------------------------------
Mempunyai pengetahuan akan mampu menguasai, tetapi pengetahuan tanpa nurani tiada artinya.